Senin, 26 Januari 2009

DATA PPTDI

D A T A
PONDOK PESANTREN TERPADU DARUL IMAN (PPTDI)
KADUPANDAK – BANJAR – PANDEGLANG – BANTEN

I . Latar Belakang Pendirian Dan Sejarah Singkat.
1. Didirikan dandipimpin / diasuh oleh: KH.A.Aminudin Ibrahim, LML.
2. Berlokasi di Kampung Kadupandak, Desa Kadulimus, Kec, Banjar, Kab. Pandeglang, Prop. Banten ( PO.Box 03 Pdg. Kode Pos 42252, Tlp./ Fax.:0253-203044-203456 ).
3. Mulai beroperasi Tahun Pelajaran 1991/1992 dengan peresmian Gedung Pertama/Utama Babus Salam oleh Menteri Perhubungan RI Ir.H. Azwar Anas, pada hari Kamis tanggal: 29 Agustus 1991 M
4. Pendirian dilatarbelakangi pemikiran, bahwa Islam Adalah agama yang universal, meliputi seluruh aspek kehidupan manusia. Untuk itu Pondok Pesantren Terpadu Darul Iman memadukan tiga bidang pokok.
a. Bahasa: Indonesia, Arab dan Inggris
b. Ilmu pengetahuan: Agama dan Umum " Scientist Religius "
c. Akhlakul karimah: Lahir-Batin.
5. Dasar pola pengembangan Pondok Pesantren Terpadu Darul iman adalah memadukan pola Pondok Tradisional (Salafy) dan Pondok Modern (Khalafy) dengan system baru yang lebih baik dan memelihara system lama yang sudah baik ( ( الأخذ بالجديد الأصلح مع المحافظة بالقديم الصالح.
6. Upaya pembaharuan ( Tajdid ) dikembangkan atas dorongan kebutuhan ummat terhadap kader-kader da`i, muballigh, dan pemimpin ummat yang tangguh, terampil, berwawasan luas dan berdisiplin tinggi (berwawasan Imtak dan Iptek).
7. Peningkatan mutu pendidikan dilakukan dengan memadukan tenaga-tenaga pendidik profesional lulusanPerguruanTinggi dalam dan luar negri dengan tenaga profesional lulusan Pondok Pesantren Modern dan Salafy di Indonesia, bahkan Pondok Pesantren Terpadu Darul Iman telah mendapatkan kepercayaan dari Universitas Al Azhar Cairo Mesir dengan mengutus 4 orang tenaga pendidik profeional lulusan Universitas Al Azhar berkebangsaan Mesir, mengajar dan sekaligus tinggal di Kampus Pondok Pesantren Terpadu Darul Iman.
8. Peningkatan dibidang pembangunan fisik dilakukan dengan terus menyiapkan sarana prasarana asrama santri putra / putrid dan fasilitas pendidikan lainnya.

II . Tujuan dan Orientasi Dasar Pondok Pesantren Terpadu Darul Iman.
1. Tujuan:
a. Membentuk masyarakat yang bertakwa kepada Allah SWT, cinta agama Islam, setia kepada Bangsa dan Negara Indonesia.
b. Meningkatkan perkembangan pendidikan Islam dan perkembangan syiar Islam dalam arti yang seluas-luasnya.
c. Melaksanakan amal social, mengurus dan memelihara anak yatim, yatim piatu dan fakir miskin / dhu`afa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar